kepiting pistol

   
        Alpheidae adalah keluarga dari caridean udang gertak ditandai dengan memiliki cakar asimetris, yang lebih besar dari yang biasanya mampu menghasilkan suara gertakan keras. Nama umum lainnya dari spesies termasuk udang pistol atau udang alpheid.
Keluarga ini beragam dari seluruh dunia dalam distribusi, yang terdiri dari sekitar 600 spesies dalam 38 atau lebih genera. Yang paling menonjol dua genera yaitu Alfeus dan Synalpheus, dengan spesies berjumlah masing-masing lebih dari 250 dan 100, . Kebanyakan kepiting pistol menggali liang udang yang merupakan penghuni umum dari terumbu karang , terendam lamun flat dan tiram terumbu. Sementara sebagian besar genus dan spesies yang ditemukan di dalam adalah beriklim pesisir dan perairan laut tropis, Betaeus mendiami laut dingin dan Potamalpheops hanya ditemukan di gua air tawar.
Deskripsi
Udang gertakan tumbuh hanya 1-2 inci (3-5 cm). Hal ini sangat tidak proporsional khususnya untuk cakar yang besar, lebih besar dari setengah tubuh udang. cakar ini terdapat di kedua lengan tubuh, dan tidak seperti cakar udang yang biasanya memiliki penjepit di akhir. Sebaliknya, ia memiliki fitur pistol seperti yang terbuat dari dua bagian. seperti “palu” yaitu bagian untuk memindahkan ke posisi siku-siku. Ketika dibebaskan, ia masuk ke dalam bagian lain dari cakarnya, seperti memancarkan sebuah gelombang yang sangat kuat dan mampu menangkap ikan yang lebih besar seperti dapat memecahkan stoples kaca kecil.
Udang gertakan bersaing dengan hewan yang jauh lebih besar seperti Paus Sperma dan Paus Beluga. Binatang ini mempunyai cakar khusus untuk menciptakan kavitasi gelembung yang menghasilkan tekanan akustik hingga 80 kPa pada jarak 4 cm dari cakar. Seperti meluas keluar dari cakar, gelembung mencapai kecepatan 60 mil per jam (97 km / h) dan melepaskan suara mencapai 218 desibel. Tekanan cukup kuat untuk membunuh ikan kecil. Hal ini seperti tekanan dari nol ke puncak tingkat tekanan 218 desibel hal ini relatif terhadap satu micropascal (dB re 1 μPa), setara dengan nol ke puncak tingkat sumber dari 190 kembali ke 1 μPa dB pada jarak referensi standar 1 m. Au dan Bank diukur puncak ke puncak tingkat sumber antara 185 dan 190 dB 1 μPa kembali pada 1 m, tergantung pada ukuran cakar. nilai serupa dilaporkan oleh Ferguson dan Cleary. Lama tersebut kurang dari 1 milidetik .
snap juga dapat menghasilkan sonoluminescence dari runtuh kavitasi gelembung . Seperti runtuh, gelembung kavitasi mencapai suhu lebih dari 5.000 K (4700 ° C). [12] Sebagai perbandingan, suhu permukaan matahari diperkirakan sekitar 5.800 K (5.500 ° C). Cahaya itu adalah intensitas lebih rendah dari cahaya yang dihasilkan oleh sonoluminescence khas dan tidak terlihat dengan mata telanjang . Kemungkinan besar oleh-produk dari gelombang kejut tanpa signifikansi biologis. Namun, itu adalah contoh pertama yang diketahui binatang menghasilkan cahaya dengan efek ini. Hal ini kemudian ditemukan bahwa kelompok lain dari krustasea, yaitu udang mantis , berisi spesies yang seperti forelimbs klub bisa menyerang begitu cepat dan dengan kekuatan untuk mendorong gelembung kavitasi sonoluminescent atas pengaruhnya.
udang pistol digunakan untuk berburu (makanya namanya “udang pistol”), serta untuk komunikasi. Ketika makan, udang ini biasanya terletak pada tempat tertutup, seperti sebuah liang. udang kemudian mengeluarkan antena keluar menentukan apakah ada ikan yang lewat. Setelah merasa ada gerakan, maka udang tersebut keluar dari tempat persembunyiannya, dan menarik kembali cakarnya, dan melepaskan “tembakan” yang stunsmenuju ke mangsanya, udang kemudian menarik itu untuk bersembunyi kembali.

1 komentar:

Louisa Gusni mengatakan...

bagus blognya :)
visit yaa http://louisagusni.blogspot.com/

Posting Komentar